Thursday 24 April 2014

Khasiat Ajaib Madu

Sumber gambar: dari sini


Sejak dahulu madu dikenal kaya manfaat. Ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan dna kecantikan. Rasanya yang manis dan unik membuat sebagian orang tidak terlalu menyukainya jika dikonsumsi secara langsung. Padahal madu memiliki kandungan nutrisi alami yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Madu mengandung flavanoid, antioksidan, serta probiotik yang sangat alami. Ada sekitar 600 senyawa yang terkandung di dalam madu yang membuat madu memiliki berbagai manfaat yang berkaitan dengan kesehatan tersebut. Berikut ini beberapa keajaiban khasiat madu untuk tubuh kita.
Mengobati luka
Madu memiliki khasiat menyembukan luka ringan atau luka bakar karena adanya kandungan hidrogen peroksida yang dapat melawan infeksi. Hidrogen peroksida mampu menyerap semua kotoran dan cairan dari luka. Setelah melakukan penyerapan, madu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri akibat infeksi. Madu juga memiliki kandungan zat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit.
Mengobati penyakit mulut
Penyakit eriodontal gingivitis atau pembengkakan pada gusi dapat diatasi dengan pemberian madu. Anda dapat mengoleskan madu pada gigi dan gusi lalu diamkan beberapa menit. Selain itu, madu juga dapat membantu mengurangi bau mulut.
Menyehatkan Kulit
Madu juga mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat membantu menyehatkan karena kandungan berbagai zat yang berfungsi sebagai antijamur dan bakteri.
Mengatasi anemia
Anemia atau darah rendah dapat membuat tubuh menjadi lemah. Anda dapat mengatasinya dnegan cara memenuhi kebutuhan zat besi yang hilang di dalam darah. Madu mampu membantu memulihkan anemia.
Meningkatkan nafsu makan anak
Kandungan Vitamin B yang terdapat dalam madu dapat membuat anak menjadi lebih aktif dan energik. Selain itu, madu juga dapat menjaga daya tahan tubuh anak sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Mengobati radang tenggorokan
Madu yang dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk.
Sediakan madu di kotak obat Anda dan konsumsilah secara rutin setiap hari agar tubuh cantik dan sehat.

No comments:

Post a Comment