Tuesday 4 June 2013

Methanil Yellow Pewarna Kuning Berbahaya

Sumber: dari sini 

Kita seringkali menjumpai makanan atau minuman, seperti tahu, kerupuk, mi, dan sirop yang mempunyai warna kuning mencolok. Dalam hati kita mungkin bertanya-tanya jika makanan tersebut diwarnai dengan pewarna dari kunyit atau minuman tersebut menggunakan ekstrak jeruk tentulah warnanya tidak akan terlalu mencolok. Jika kita merasa ragu-ragu dengan warna kuning yang sangat tajam pada makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi, patutlah kita berhati-hati dan menyelidiki jenis pewarna yang digunakan. Pewarna pada makanan atau minuman tersebut dapat saja berasal dari methanil yellow. Methanil yellow merupakan salah satu zat pewama yang tidak diizinkan untuk ditambahkan ke dalam bahan makanan atau minuman. Methanil yellow merupakan pewarna sintetis yang berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk padatan atau serbuk. Pewarna tersebut biasa digunakan sebagai pewama untuk produk-produk tekstil (pakaian), cat kayu, dan cat lukis, serta biasa dijadikan indikator reaksi netralisasi asam basa. Nama lain atau nama dagang methanil yellow meliputi sodium phenylaminobenzene, Metaniline Yellow, Cl Acid Yellow 36, dan Cl No. 13065.
Makanan dan minuman yang mengandung methanil yellow mempunyai ciri-ciri di antaranya warna kuning sangat mencolok dan berpendar, serta memberikan banyak titik-titik warna karena tidak homogen (misal pada kerupuk).
A. Bahaya Methanil Yellow bagi Tubuh
Bahaya utama akibat paparan methanil yellow bagi tubuh sebagai berikut.

1. Jika terkena kulit dalam jumlah banyak akan menimbulkan iritasi pada kulit.
 2. Jika terkena mata akan mengakibatkan gangguan penglihatan atau mata menjadi kabur.
 3. Jika terhirup akan menimbulkan iritasi pada saluran pernapasan.
 4. Jika tertelan akan mengakibatkan mual, muntah, sakit perut, diare, panas, rasa tidak enak, dan tekanan darah menjadi rendah.
 5. Jika konsumsi dilakukan dalam jangka panjang akan mengakibatkan kanker pada saluran kemih dan kandungan kemih.

B. Tindakan terhadap Paparan Methanil Yellow

   Jika terjadi kasus seseorang terkena paparan methanil yellow secara akut, dapat segera dilakukan tindakan sebagai berikut.

1.   Jika terkena kulit maka pakaian, perhiasan, dan sepatu penderita yang terkontaminasi methanil yellow harus segera dilepaskan. Selanjutnya, kulit penderita harus segera dicuci dengan sabun dan air mengalir hingga bersih dari methanil yellow selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Jika perlu, segera menghubungi dokter.

2.   Jika terkena mata, mata harus segera dibilas dengan air mengalir atau larutan garam fisiologis. Mata juga harus dikedip-kedipkan hingga dapat dipastikan methail yellow sudah tidak tersisa. Jika perlu, segera menghubungi dokter.

3.   Jika tertelan dan terjadi muntah, posisi kepala penderita segera diletakkan lebih rendah daripada pinggul agar muntahan tidak masuk ke dalam saluran pernapasan.

4.   Jika penderita pingsan, kepalanya segera dimiringkan ke samping dan segera dibawa ke dokter.



No comments:

Post a Comment