Tuesday 25 June 2013

Trik Menguasai Materi Kimia SMA

Sumber gambar: dari sini



Kimia merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah menengah atas yang termasuk kategori MIPA. Biasanya, mata pelajaran MIPA dianggap sebagai momok bagi sebagian besar siswa yang notabene tidak menyukai pelajaran MIPA. Soal hitungan seringkali dianggap sangat sulit dibanding soal sosial yang dapat dikerjakan dengan cara mengarang indah. Padahal tidak demikian adanya. Menurut saya, pelajaran sosial jauh lebih rumit daripada pelajaran MIPA atau eksak karena materi yang terdapat dalam ilmu sosial selalu berkembang dan berdasar pada teori relativitas. Artinya, tidak seperti ilmu eksak yang setiap soalnya hampir saja mempunyai jawaban pasti. Bagaimana menurut Anda?
Kimia sebenarnya menyangkut apa saja di lingkungan kita. Mulai dari udara, tanah, air, perabotan rumah tangga, bahkan urusan cinta juga berhubungan dengan ilmu kimia. Sementara itu, secara teoritis, kimia dipelajari sejak siswa berada di bangku SMP. Kimia mulai diperkenalkan dalam kemasan IPA Terpadu bersama biologi dan fisika. Pelajaran kimia di SMP hanya menempati bagian kecil dari seluruh mata pelajaran yang diberikan. Pengenalan kimia di SMP ini juga bersifat sangat sederhana hingga mudah dipahami oleh siswa pada jenjang tersebut. Nah, yang menjadi masalah adalah jika siswa telah memasuki jenjang SMA. Pelajaran kimia sudah berdiri sendiri. Jam pelajarannya pun mempunyai jatah yang lumayan banyak. Meskipun demikian, tidak perlu kiranya siswa menjadikan pelajaran kimia sebagai salah satu beban di antara beban-beban pelajaran eksak lainnya. Siswa cukup memahami dan mempraktikkan beberapa trik dalam menguasai kimia SMA. Simaklah penjelasan berikut.
Pada dasarnya, mata pelajaran kimia SMA secara keseluruhan mencakup beberapa materi penting berikut ini.
A.   Stoikiometri
B.    Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
C.    Ikatan Kimia
D.   Termokimia
E.    Laju Reaksi
F.    Kesetimbangan Kimia
G.   Asam Basa
H.   Larutan Penyangga
I.      Hidrolisis
J.     Hasil Kali Kelarutan (Ksp)
K.    Sifat-Sifat Koligatif
L.     Reaksi Redoks
M. Sel Volta
N.   Elektrolisis
O.   Kimia Unsur
P.    Hidrokarbon
Q.   Polimer
R.    Biokimia (Protein, Karbohidrat, dan Lipid)
S.    Kimia Inti
T.    Koloid
U.   Kimia Lingkungan
Wah...wah...ternyata banyak sekali yaa....Tidak perlu khawatir. Fokus pada materi-materi tersebut, lalu kuak isi inti pada setiap materi. Siswa dapat lebih mudah menguasai dengan menyingkat dan mengambil intisarinya. Membuat ringkasan semisal buku saku akan sangat membantu dalam penguasaan keseluruhan materi. Anda dapat memprint out beberapa ringakasan yang terdapat dalam blog ini. Seperti materi mengenai Larutan Penyangga dan Hidrolisis. Buku saku dapat Anda bawa ke manapun Anda pergi sehingga setiap saat Anda dapat dengan mudah mempelajarinya kembali. Dan yang paling penting, rumus-rumus yang terdapat dalam pelajaran hitungan kimia tidak hanya sekedar dibaca dan dihapalkan. Memperbanyak mengerjakan soal latihan adalah solusi mengingat rumus yang sangat jitu.

No comments:

Post a Comment