Wednesday 6 December 2017

Melayani Les Privat Online Kimia SMA

      Kami yang berlatar belakang pendidikan kimia dan telah 10 tahun lebih berkecimpung di dunia penulisan buku pelajaran serta soal-soal kimia, membuka les privat online kimia dengan biaya terjangkau. Mengapa dengan cara online?
      Mengingat zaman semakin canggih, segala bentuk komunikasi dapat dipersingkat dengan media online. Salah satu media yang praktis digunakan adalah WhatsApp. Adik-adik yang duduk di bangku SMA Kelas X, XI, dan XII dapat mengomunikasikan kesulitannya terutama mengenai soal-soal kimia kepada kami lewat media WhatsApp dengan nomor: 081578018349
     Caranya, adik-adik dapat mengirimkan foto soal yang hendak ditanyakan kepada kami dan kami akan kembali mengirimkan foto jawaban lengkap dengan cara penyelesaiannya di hari itu juga. Jika soal dalam bentuk pilihan ganda, kami juga akan menyertakan penjelasan mengenai pilihan jawaban yang salah. Pembahasan setiap soalnya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 3000,-. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara ditransfer ke rekening yang akan kami sampaikan secara pribadi dengan jumlah minimal transfer sebesar Rp. 60.000,- (setara dengan 20 soal)
Contoh soal dan pembahasannya sebagai berikut.
1. Suatu reaksi memiliki rumus aju reaksi v = k[NO]2[Cl2]. Tentukan laju reaksinya jika:
      a.   [Cl2] tetap, [NO] diperbesar dua kali
      b.  [NO] tetap, [Cl2] diperbesar tiga kali
      Jawaban:
a.    [Cl2] tetap, [NO] diperbesar dua kali
      V1 = k[NO]2[Cl2]
      V2 = k[2NO]2[Cl2]
      V2 = 4k [NO]2[Cl2]
      V2 = 4v1
      Jadi, laju reaksi jika [Cl2] tetap dan [NO] diperbesar dua kali adalah empat kali semula.
b.    [NO] tetap, [Cl2] diperbesar tiga kali
      V1 = k[NO]2[Cl2]
      V2 = k[NO]2[3Cl2]
      V2 = 3k[NO]2[Cl2]
      V2 = 3v2
                Jadi, laju reaksi jika [NO] tetap dan [Cl2] diperbesar tiga kali adalah tiga kali semula.
2. Perhatikan reaksi antara padatan CaCO3 dengan larutan HCl 2 M pada setiap wadah berikut!

 

Jika massa padatan CaCO3 yang digunakan pada setiap wadah sama, laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh luas permukaan terdapat pada percobaan….
a.    (1) terhadap (2)
b.    (1) terhadap (3)
c.     (2) terhadap (3)
d.    (3) terhadap (5)
e.    (4) terhadap (5)
Jawaban: c
Laju reaksi percobaan (1) terhadap (2) dipengaruhi oleh suhu dan pengadukan karena ukuran partikel padatan (luas permukaan) sama, sedangkan perlakuan suhu dan ada tidaknya pengadukan juga berbeda. Laju reaksi percobaan (1) terhadap (3) dipengaruhi oleh suhu, pengadukan, dan luas permukaan karena perlakuan suhu, pengadukan, dan ukuran partikel padatan berbeda. Laju reaksi percobaan (2) terhadap (3) hanya dipengaruhi oleh luas permukaan karena ukuran partikel padatan berbeda, sedangkan perlakuan suhu dan ada tidaknya pengadukan sama. Laju reaksi percobaan (3) terhadap (5) hanya dipengaruhi oleh pengadukan karena perlakuan ukuran partikel padatan dan suhu sama, sedangkan perlakuan ada tidaknya pengadukan berbeda. Laju reaksi percobaan (4) terhadap (5) hanya dipengaruhi oleh suhu karena perlakuan ukuran partikel padatan dan ada tidaknya pengadukan sama, sedangkan suhunya berbeda.

No comments:

Post a Comment