Monday 9 December 2013

Tanya Jawab Kimia

Dikatakan sulit, materi kimia tidaklah terlalu sulit. Dibilang mudah, soal-soal kimia membutuhkan pemikiran dan konsentrasi saat mengerjakannya. Halaman ini dikhususkan untuk teman-teman, terutama adik-adik yang masih duduk di bangku SMA untuk berbagi pertanyaan dan syukur-syukur ada yang berkenan memberikan jawaban... let's discuss...

Soal pertama sebagai pemanasan, yuk didiskusikan...

Zio terkapar tak bernyawa di ruang kerjanya.Mulutnya melepuh. Pembantu yang melihat kejadian itu terkejut, karena jamu kunyit yang disediakannya di meja berubah menjadi kuning lebih cerah. Di atas meja kerja Zio tesebut juga ditemukan botol kosong dan tulisan yang disimpulkan oleh penyidik merupakan sandi yang sengaja dituliskan oleh Zio yang kemungkinan merasa curiga dengan seorang saudara yang mengincar hartanya jika dia mati. Pada kertas tersebut tertulis empat baris.
Baris pertama: garis vertikal, garis horizontal, garis vertikal
Baris kedua: 

Δ (gambar segitiga), O (gambar lingkaran)
Baris ketiga: 1,  21
Baris keempat: 13, 1, 18, 9, 1
Sementara, di rumah tersebut sedang berkumpul saudara-saudara Zio berturut-turut Mario (40 tahun), Erick (37 tahun), Maria (30 tahun), dan Simon (21 tahun). Siapakah yang memiliki dugaan paling kuat membunuh Zio? Bagaimana kejahatan tersebut dilakukan?










No comments:

Post a Comment